3 Bagian Mikroskop Terpenting Yang Perlu Anda Ketahui

Mikroskop merupakan salah satu alat yang banyak dipakai di berbagai tempt. Alat ini masuk ke dalam kategori alat laboratorium. Mikroskop dipakai di banyak laboratorium seperti laboratorium kimia, biology, geology hingga laboratorium medis juga menggunakan alat ini. Mikroskop mudah didapatkan di toko – toko optic atau distributor alat kesehatan yang jual mikroskop dengan berbagai jenis dan merk.

jual mikroskop

Mikroskop memiliki banyak sekali jenis dan spesifikasi. Ada mikroskop monokuler, binokuler dan juga trinokuler. Itu berdasarkan dari jumlah lensa okuler yang ada pada mikroskop. Sedangkan berdasarkan pencahayaan, ada mikroskop cahaya atau reflector dan juga mikroskop elektrik atau digital. Baru – baru ini ada mikroskop khusus yaitu mikroskop electron.

Semakin banyak jenis mikroskop semakin mudah orang menemukan banyak hasil penelitian yang mutakhir. Mikroskop bisa kita beli di toko alat laboratorium, terkadang di toko alat optic juga jual mikroskop, namun tidak semua kita bisa temukan.

Tahukah anda bagian mikroskop yang paling penting ?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa hal mengenai mikroskop diantaranya adalah beberapa bagian terpenting dari sebuah mikroskop.  Apa sajakah itu ?

Kita akan simak sesaat lagi, silahkan lanjutkan membaca !

Pengertian Mikroskop

Oke saya percaya anda pasti sudah mengetahui apa itu mikroskop, yaitu sebuah alat yang digunakan untuk melihat benda – benda kecil yang tidak dapat kita lihat dengan mata secara langsung. Fungsi alat ini biasanya untuk penunjang laboratorium di berbagai disiplin ilmu, seperti mikrobiologi, kimia, geology, bahkan juga laboratorium medis.

Begitu kira – kira pengertian mikroskop apabila kita devinisikan. Sekarang kita bisa lanjutkan dengan mengetahui beberapa bagian mikroskop yang paling penting ?

Bagian – Bagian Mikroskop

Mikroskop tersusun dari banyak bagian – bagian penyusun nya, banyak pernak – pernik yang menyertainya. Secara umum mikroskop tersusun dari bagian – bagian diantara lensa okuler, lensa objektif, reflector, lampu, tabung mikroskop, micrometer, dudukan mikroskop, eyepiece, dan lain sebagainya.

Tiga bagian penting penyusun mikroskop menurut saya ada di bagian lensa okuler, lensa objektif dan juga pencahayaan.

Lensa Okuler adalah lensa penyusun mikroskop yang berada di bagian atas, yaitu lensa yang posisinya dekat dengan mata pengamat. Sedangkan lensa objektif adalah lensa yang berada di bagian bawah, yaitu yang posisinya dekat dengan benda yang diamati. Fungsi kedua lensa ini sama yaitu untuk memperbesar bayangan benda.  Sebuah benda diperbesar dua kali dengan dua lensa sehingga tidak heran kita bisa melihat benda sekecil sel stomata.

Satu lagi bagian yang menurut saya adalah vital yaitu sistem pencahayaan. Kita dapat melihat benda karena adanya cahaya. Oleh sebab itu, ada sistem pencahayaan yang ada di sebuah mikroskop. Ada dua jenis mikroskop dalam hal ini, yaitu mikroskop cahaya dan digital atau elektrik.

Mikroskop cahaya memiliki sebuah cermin atau reflector yang dapat memantulkan cahaya untuk menyinari objek yang diamati. Sedangkan untuk jenis mikroskop listrik, cahaya dihasilkan dari sinar lampu halogen atau led yang ada pada mikroskop.

Untuk pembelian mikroskop, anda tidak pelu susah mencari distributor yang jual mikroskop murah. Silahkan anda kunjungi www.gloryamedica.com, anda tinggal pilih jenis mikroskop apa yang anda butuhkan. Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan terimakasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *