BKPM Minta Agar Pemda Transparan Soal Izin Pariwisata

BKPM Minta Pemerintah Daerah Transparan soal Izin Pariwisata

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menilai untuk dapat menggaet lebih banyak investasi pariwisata ke Tanah Air harus dengan menyederhanakan dan transparansi perizinan. Selama ini banyak investoryang masih mengeluh lamanya proses perizinan menanamkan modal di Tanah Air.

Himawan Hariyoga selaku Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengatakan bahwa masih banyak faktor yang mempengaruhi daya tarik investor terhadap potensi pariwisata di daerah, yang paling utama adalah mengenai masalah tentang perizinan.

“Yang paling penting bagi investor adalah dukungan kepala daerah terhadap keamanan dan kenyamanan serta kemudahan mengurus perizinan,” ujar Himawan Hariyoga dalam kunjungan ke wisata bahari Mandeh, Pesisir Selatan, seperti ditulis Rabu (18/10/2017).

Himawan mengungkapkan bahwa menurutnya harus ada kepastian antara lain tanah yang tidak bermasalah, pengurusan izin yang tidak berbelit, serta transparansi dalam pengurusan izin menjadi hal yang perlu diperhatikan investor untuk menanamkan modalnya di sektor pariwisata khususnya di Sumatera Barat (Sumbar). Kemudian investor akan melihat potensi pariwisata.

“Selama ini daerah selalu menonjolkan potensi terlebih dahulu, Kami memilih padang menjadi tuan rumah RIF (Regional Investment forum) karena melihat komitmen yang kuat dari pemerintah tingkat provinsi maupun pemerintah kabupaten dan terbuka soal perizinan,” ujarnya.

Sumber: liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *