Fakta Mengejutkan Seputar Payudara yang Tidak Anda Tahu

Payudara bisa berukuran besar maupun kecil, bulat sempurna serta kencang, maupun asimetris dan kenyal. Payudara akan mulai tumbuh saat masa pubertas serta terus berkembang atas peran hormon, payudara ternyata tidak hanya sekadar kumpulan jaringan kelenjar lemak yang selama ini anda ketahui, namun payudar juga menyimpan begitu banyak kejutan.

1. Besar payudara diturunkan dari orangtua

Anda mempunyai peluang yang sama besar untuk mewarisi ukuran payudara dari salah satu orangtua Anda. Berat rata-rata payudara adalah 500 gram serta mengandung 4-5% dari keseluruhan lemak tubuh.

2. Payudara kiri lebih besar daripada yang kanan

Ukuran sepasang payudara yang tidak sama besar menjadi rahasia umum, namun tahukah Anda, jika biasanya payudara kiri memiliki ukuran seperlima kali lebih besar, atau 65 %, dari pada payudara sisi kanan? Hal ini disebabkan karena hipersensitivitas dari sistem imun tubuh yang terdapat pada payudara kiri.

3. Ukuran payudara wanita Indonesia berkisar 32-34

Lingkar dada wanita di Indonesia sekitar antara 32-34, dengan volume 250 cc hingga 350 cc atau cup A-C. Namun, rata-rata ukuran cup dada wanita Indonesia ini dihitung pada mereka yang mempunyai tinggi badan sekitar 160 cm.
Sebagai perbandingan, wanita asal Amerika Serikat mempunyai ukuran payudara terbesar di dunia, ini dengan volume 1,668 cc. Wanita Filipina serta Malaysia rata-rata memiliki volume 111 cc dan dinobatkan negara dengan payudara terkecil sedunia.

4. Ukuran payudara selalu berubah-ubah

Tidak hanya memiliki potensi untuk berubah, ukuran cup payudara tergantung dari siklus menstruasi Anda, dimana payudara juga akan membesar secara dramatis ketika masa kehamilan dan juga setiap kali anda hamil, menopause, serta jika Anda sedang mengalami kenaikan berat badan.

Payudara bisa membesar untuk memenuhi kapasitas maksimal cup selama siklus menstruasi. Namun demikian, begitu menstruasi usai, kadar hormon akan kembali menjadi normal serta dada Anda akan kembali mengecil pada ukuran semula.

Perubahan bentuk akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Kecuali jika Anda menjalani operasi korektif payudara, pertambahan usia berarti payudara akan menurun secara alami. Apabila Anda suka tidur tengkurap, mungkin saja sekarang waktunya untuk mempertimbangkan ulang kebiasaan tidur ini. Beberapa studi menunjukan bahwa tidur tengkurap dapat mengubah bentuk payudara Anda. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *