Importir Produk Cina, Salah Satu Upaya Pemerintah Memenuhi Kebutuhan

Importir Produk Cina, Salah Satu Upaya Pemerintah Memenuhi Kebutuhan
Importir Produk Cina, Salah Satu Upaya Pemerintah Memenuhi Kebutuhan

Sudah merupakan kewajiban bila pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Karena indonesia adalah negara dengan populasi yang tinggi, maka pemerintah mengambil kebijakan impor untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

Salah satu negara yang produknya banyak diimpor indonesia adalah cina. Sebagai negara importir produk cina, perlu digaris bawahi bahwa hampir setiap sektor perdagangan di indonesia terdapat produk cina.

Contohnya, alat tulis, perabot rumah tangga, peralatan dapur, sampai sayur dan buah ada yang diekspor dari cina.

Mengapa produk cina begitu disukai masyarakat?

Alasannya sederhana, karena produk cina murah dan berkualitas. Anda pasti pernah ingat jeruk cina yang kemasannya bagus dan harganya murah dulu banyak diburu. Sayur-mayur cina jika dibandingkan juga lebih baik daripada sayuran lokal. Berikut ini penyebabnya.

Pertanian di cina sudah tidak seperti di indonesia lagi. Petani selalu diberikan pelatihan agar produksinya lebih modern. Hal tersebut bukan berarti produksi dengan cara tradisional lebih buruk.

Namun, produksi denganc ara modern lebih praktis, lebih cepat, dan hasilnya lebih enak. Produksi dengan cara modern juga mampu menekan biaya. Indonesia sebagai negara importir produk cina masih belum bisa mencontoh hal tersebut.

Pasalnya, petani indonesia masih kukuh dnegan cara produksi yang diajarkan secara turun menurun. Meski produk yang dihasilkan juga baik, namun membutuhkan waktu yang lama. Tidak jarang juga ditemui kasus gagal panen. Oleh karena itu, pemerintah indonesia hendaknya memberi pelatihan cara produksi modern.

Menjadi negara importir produk cina ternayta tidak terlalu buruk. Indonesia mampu menekan biaya produksi. Kadang pemikiran membeli lebih murah dari pada membuat memang benar adanya. Pasalnya, biaya produksi yang dikeluarkan indonesia tidak sebanding dengan keuntungan yang dihasilkan.

Misal, cina bisa memberi harga awal produk sangat murah. Bila indonesia memberi harga awal yang sama, maka tidak akan balik modal. Hal ini disebabkan karena perbedaan penerapan kebijakan.

Pemerintah cina menerapkan kebijakan upah terendah untuk buruh supaya biaya produksi bisa ditekan. Selain itu, orang cina juga terkenal ulet, gesit, dan hemat. Kebiasaan-kebiasaan inilah yang mampu membawa cina menjadi negara seperti sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *