Indonesia Sebagai Importir Produk Cina, Belajar dari Negeri Bambu

Indonesia Sebagai Importir Produk Cina, Belajar dari Negeri Bambu
Indonesia Sebagai Importir Produk Cina, Belajar dari Negeri Bambu

Cina yang terkenal akan ikon panda memakan bambu ini merupakan negara eksportir terbesar. Karenanya, cina termasuk negara kuat di wilayah asia. Sedangkan di kancah internasional, kedudukannya mulai dipertimbangkan.

Sektor yang membawa cina pada kedudukannya sekarang adalah perdagangan. Mungkin, anda sudah tahu bahwa orang cina terkenal akan kemampuannya berbisnis. Ternyata hal tersebut memang benar adanya.

Selain teliti dan ulet, orang cina juga terkenal hemat. Hal inilah yang mampu membawa perusahan lokal cina bersaing pada tingkat internasional, salah satunya adalah komoditas ekspor. Ternyata, negara kita menjadi salah satu negara tujuan ekspor cina. Dan memang, indonesia merupakan salah satu dari negara importir produk cina. Herannya, perbedaan agama tidak menghalangi hubungan kenegaraan ini. Terlebih lagi, produk yang ditawarkan cina hampir selalu tepat sasaran.

Setelah diselidiki mengapa produk yang ditawarkan cina hampir selalu tepat sasaran, ternyata cina melakukan beberapa hal sebelum sampai pada tahap menawar. Hal pertama yang dilakukan negara bambu ini adalah observasi atau pengamatan.

Hampir sebagian warga indonesia memeluk agama islam, oleh karenanya kebutuhan akan pakaian muslim pasti banyak. Salah satu pakaian muslim adalah kerudung. Anda jangan heran bila ada beberapa merk kerudung buatan cina. Meski negaranya bukan negara dengan mayoritas muslim, cina lebih mementingkan kebutuhan negara yang menjadi sasaran ekspornya.

Sebagai negara importir produk cina, hal lain yang harus dipelajari adalah menekan biaya produksi. Ini adalah rahasia cina mengapa produk yang dijualnya bisa murah, padahal kualitasnya baik. Pemerintah memberikan upah rendah pada pegawai untuk menekan biaya produksi, sehingga harga jual produk bisa lebih murah bila dibandingkan dengan yang lain.

Ternyata ada poin-poin penting yang harus dipelajari dan diterapkan pemerintah indonesia sebagai negara importir produk cina. Mungkin bila diterapkan, kelak negara kita juga bisa maju dalam sektor perdagangan internasional, terutama ekspor-impor. Meskipun begitu, indonesia juga sudah mengekspor beberapa produk lokalnya. Hal yang harus diperhatikan adalah kelak hubungan indonesia dan cina masih berjalan baik dan saling menguntungkan, terutama dalam sektor perdagangan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *