Larva Dari Toko Jual Ikan Koi

Larva Dari Toko Jual Ikan Koi

Larva Dari Toko Jual Ikan Koi

Selain melakukan pemupukan kolam dengan cara seperti yang dikatakan tetangga saya. Saya juga memasukkan bahan pupuk kedalam karung lalu saya ceburkan ke kolam supaya lebih banyak nanti makanan alami bagi ikan koi. Kurang lebih sekitar lima sampai tujuh hari saya tunggu hasil dari pemupukan dan ternyata benar sudah mulai banyak pakan alami yang tumbuh di kolam ikan belakang rumah saya. Hampir saja saya lupa, mau usaha kok tidak beli ikan yang mau dibudi dayakan kan aneh haha. Segera saya pergi ke kota dan mencari toko jual ikan koi untuk membeli larva ikan koi. Karena larva ikan koi lebih murah daripada saya beli ikan koi yang sudah tumbuh besar. Kan saya mau buka usaha jual ikan koi bukannya mau kolek si ikan koi.

Setelah membeli larva larva ikan koi saya tambahkan air agak banyak ke dalam kolam kemudian baru saya masukkan larva larva ikan koi yang saya beli di toko jual ikan koi tadi. Untungnya saya membuat kolam ikan ini dengan kedalaman yang cukup. Karena dari buku yang saya baca mengenai memulai usaha jual ikan koi. Kolam yang dalam bagus untuk ikan koi karena mencegah ikan koi untuk tumbuh bengkok sehingga mengurangi hasil akhir keindahan ikan ikan yang dibudi dayakan. Dan tanah di dasar kolam pun ternyata memilik peranan penting untuk menjaga tumbuh kembang ikan karena perbedaan suhu di siang hari dan malam hari sangat mencolok. Kan jadinya hal ini bisa mengatasi permasalahan perubahan suhu yang drastis.

Karena saya memulai usaha jual ikan koi dari ikan yang masih larva jadi dalam kolam yang saya buat saya isi dengan agak banyak. Bukannya apa apa kan kita tidak tahu jika nantinya ada ikan yang tidak bisa bertahan hidup atau mati jadinya tidak rugi terlalu banyak. Awalnya saya sudah merasa tenang tenang saja dalam keseharian merawat kolam ikan koi saya. Kemudian saya ingat di salah satu buku yang saya baca. Kita juga harus membuat sistem filter untuk kolam ikan koi yang kita buat. Yang tadinya saya pikir cukup dengan rutin menjaga kebersihan air ternyata tidak cukup dengan melakukan itu saja. Akhirnya saya carilah info lebih banyak mengenai filter yang bisa diterapkan pada kolam ikan koi kita. Akhirnya saya menjatuhkan pilihan untuk membuat filter biologis saja karena sepertinya lebih simpel dan tidak terlalu ribet dalam pembuatannya. Maklum kan saya masih amatir jadi masih suka bingung dan bengong sendiri jika memikirkan tentang apa yang harus saya lakukan untuk kelangsungan usaha yang sedang saya lakukan ini. Saya akhirnya belajar lebih banyak lagi dari internet dan komunitas komunitas ikan koi untuk menambahkan ilmu saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *