Tips Mencegah Luka Diabtes Saat Beraktivitas

Tahukah anda jika para penderita diabetes disarankan untuk menjaga serta memperhatikan kondisi kakinya sebelum mereka melakukan kegiatan. Tujuannya adalah supaya tidak terbentuk luka diabetes. Untuk mengetahui tips apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah luka diabetes pada kaki ketika beraktivitas dan berolahraga, simak penjelasan berikut ini.

Pilih alas kaki yang tepat sesuai dengan aktivitas yang dilakukan

Selalu menggunakan alas kaki yang tepat sesuai dengan kegiatan yang akan Anda lakukan. Contohnya seperti, Anda menggunakan sepatu khusus olahraga tenis, maka hal ini tentu saja tidak cocok digunakan saat anda jogging. Menggunakan sepatu yang terlalu sempit bisa menimbulkan kapalan yang selanjutnya bisa menjadi luka. Tidak menggunakan alas kaki yang pas, juga dapat membuat Anda berisiko mengalami luka diabetes.

Selalu gunakan kaos kaki

Kaos kaki dapat membuat kaki Anda selalu kering serta lebih terjaga dari benda-benda luar yang mungkin saja bisa melukai kaki anda. Tidak hanya itu saja, kaki Anda juga akan terasa lebih nyaman dengan adanya kaos kaki yang berperan menjadi bantalan yang lembut dalam sepatu Anda.

Periksa dan cek kondisi kaki setiap hari

Biasakan untuk selalu memeriksa kaki sebelum serta sesudah melakukan olahraga, karena Anda dapat saja mengalami luka tetapi tak merasakan sakit. Selain itu, biasakan juga untuk selalu mencuci kaki serta segera mengeringkannya supaya kaki selalu bersih.

Jika Anda mempunyai neuropati diabetes yang bisa mengakibatkan kaki Anda terasa baal, tebal, maupun mati rasa, Anda mungkin saja tidak akan menyadari dengan adanya luka yang sampai luka tersebut membusuk, meluas, serta berbau. Maka dari itu, selalu periksalah kaki Anda setiap sebelum tidur. Dengan demikian Anda bisa segera mengetahui adanya luka baru yang mana anda dapat segera mengobati luka sebelum menjadi busuk.

Segera menemui dokter bila ada keluhan atau luka pada kaki

Jika mengalami maupun melihat luka pada kaki serta bagian tubuh lain, maka sebaiknya segera periksakan luka anda tersebut ke dokter. Luka diabetes harus segera ditangani sebab apabila tidak luka yang terbuka dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Salah satu komplikasi yang bisa terjadi yaitu infeksi pada tulang-tulang kaki Anda yang bisa berujung pada amputasi. Untuk itu, jangan menilai sepele perawatan kaki pada orang dengan diabetes. Dengan demikian, kaki anda akan sehat dan Anda pun bisa bebas beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *